Over Head Crane
Over Head Crane/Crane Jembatan adalah suatu crane yang mempunyai struktur kerangka yang menyerupai jembatan yang ditumpu pada kedua ujungnya dengan roda-roda untuk berjalan sepanjang lintasan rel.
Beberapa macam mekanisme gerakan yang dimiliki oleh pesawat angkat jenis crane jembatan adalah Hoisting, Travelling dan Jibbing
Komponen utama pada crane jembatan
Ø Sling
Ø Hook (kait)
Ø Safety Latche
Ø Kucing Jalan (Jibbing)
Ø Tromol
Ø Motor Listrik
Ø Girder
Ø Roda
Ø Rel
Rigging
adalah suatu proses pemindahan barang yang
mengunakan peralatan bantu (kawat baja, tali
manila, rantai, dan peralatan spesial lainnya).
Rigging Safety meliputi 3 elemen utama
• Perencanaan
• Inspeksi peralatan yang akan digunakan
• Pengunaan alat bantu angkat
Dalam melakukan perencanaan langkah-langkah
yang harus dilakukan :
• Mengetahui Berat beban
• Dimensi
• Sifat dan Jenis beban
• Menentukan titik berat
• Memeriksa ruang bebas disekitar beban
• Menentukan alat bantu angkat
Alat Bantu Angkat Beban
Yang termasuk alat bantu angkat beban antara lain
• Sling
• Hooks (kait)
• Shackles
• Eye bolts
Simbol komunikasi pada Over Head Crane
Simbol komunikasi diperlukan dalam pekerjaan
pemindahan, pengangkatan barang antara
operator dan rigger, hal tersebut dilakukan karena
adanya kendala-kendala dalam pengoperasiannya,
antara lain :
• Terbatasnya pandangan operator terhadap benda kerja
• Kebisingan suara mesin crane itu sendiri
• Medan kerja terhalang dengan tumpukan peralatan/barang.
Menurut ANSI Standard Series B30 ada 9 macam
Isyarat tangan standar yang digunakan untuk
pengoperasian Crane Jembatan, sebagai berikut
1. Hoisting untuk angkat beban
2. Lower untuk turunkan beban
3. Gerakan Jembatan (travelling)
4. Gerakan Mata Kucing (trolley)
5. Berhenti (stop)
6. Emergency Stop
7. Mengangkat dengan trolley ganda
8. Gerakan Perlahan
9. Hubungan Magnet Diputus
Isyarat ini digunakan bahwa posisi magnet telah diputus sehingga pengangkatan dihentikan
Cara melakukannya operator overhead crane merentangkan kedua tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas
0 comments:
Post a Comment